Posted by : Reza Arrizal F Minggu, Juni 09, 2013

Pada dasarnya, menginstal Windows pada sebuah komputer bukanlah suatu hal yang sangat sulit. Asalkan kita mempunyai pengetahuan mengenai cara setting boot priority device pada BIOS komputer dan prinsip dasar mem-format HDD kita sudah dapat melakukan instalasi Windows pada komputer kita sendiri. Namun terkadang instalasi tak berjalan mulus dan tersendat pada menit-menit tertentu. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah hardware pada komputer kita.  Kali ini saya ingin berbagi mengenai  proses instalasi Windows XP yang terhenti pada menit ke 34, kebetulan saya sendiri juga mengalami masalah ini saat menginstal Windows XP pada desktop komputer. Setelah saya searching melalui internet, saya menemukan tips berikut.


1. Saat proses instalasi terhenti pada menit 34, restart komputer. Coba tunggu dan biarkan hingga setup Windows XP menunjukkan “34 minutes” lagi.

(Penjelasan : Disini penyebab macetnya instalasi Windows saat menunjukkan 34 menit adalah windows mencoba mengidentifikasi hardware yang menyebabkan masalah. Pada saat restart Windows setup akan otomatis mencoba melewati hardware yang bermasalah tersebut.)

2. Bila ternyata masih tidak menunjukkan ada kemajuan, sekali lagi restart komputer kamu. Namun kali ini, keluarkan terlebih dahulu CD setup Windows dari CD/DVD ROM kamu.
3. Biarkan Windows mengulang kembali proses instalasi, jangan memasukkan CD bila kamu diminta memasukkannya. Kali ini tekan Shift F10, maka keluarlah jendela command prompt. Ketikkan setupapi.log kemudian tekan ENTER. Segera terbuka jendela notepad.
Pada notepad tersebut terdapat tulisan-tulisan, scroll ke bagian paling bawah. Carilah kata yang berakhiran dengan “.inf” (windows mencatat berupa info saat terakhir menciptakan file ekstensi “.inf” sebelum instalasi windows mengalami macet). Ini berarti bahwa perangkat hardware yang disebutkan dalam beberapa baris terakhir mengalami kerusakan. Dalam kasus yang saya alami, setup windows mengalami kegagalan instalasi modem dimana Windows XP menciptakan file bernama mdmcxpt.inf.
4. Untuk kasus kamu, identifikasi & ingatlah (catat) file yang berakhiran “.inf” pada notepad yang menunjukkan mengalami kegagalan instalasi pada Windows kamu. Setelah itu tutup jendela notepad tadi.
5. Delete/hapus file berekstensi “.inf” yang terkait dengan kerusakan hardware.
Caranya :
• Kembali ke command prompt, ketikkan del C:\windows\inf\mdmcxpt.inf (ganti file yang bercetak miring sesuaikan dengan file inf yang terkait dengan kerusakan yang telah dicatat tadi).
• Kemudian tekan ENTER. Windows akan mekonfirmasi perintah del (hapus) tadi dan segera menghapusnya.
6. Terakhir, masukkan kembali CD setup Windows kamu, dan restart komputer. Ulangi proses repair atau instal ulang. Windows dengan sendirinya akan melewati proses instalasi driver dari hardware yang mengalami kerusakan. Maka kali ini instal ulang / repair Windows XP akan lancar melewati proses “34 minutes” yang mengalami macet tadi.

Sumber artikel : 
http://satriafq.wordpress.com/2011/03/11/cara-mengatasi-kegagalan-instalasi-windows-xp-di-menit-ke-34/

Tips Tambahan:

Bila cara tersebut juga tidak membantu, Anda mungkin perlu mencabut RAM komputer Anda dan menggosoknya dengan penghapus pensil. Kemudian pasanglah kembali RAM  tersebut dengan benar. Lanjutkan proses instalasi Windows hingga selesai Ini merupakan pengalaman saya pribadi dan sudah teruji keberhasilannya.

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. gak keluar command prompt saat tekan shift +f10 ....

    BalasHapus
  2. cara ke 1 langsung work, terimakasih banyak. :)

    BalasHapus

Search

Popular Posts

Translate

reza cute. Diberdayakan oleh Blogger.

Get this widget!
close

Copyright © VANREZ -Reza Arrizal Firdaus- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan